Pembukaan Porseni (Pekan Olah Raga dan Seni) Mahad Aly An- Nuaimy

Posted by Unknown on Senin, Juni 27, 2011 with No comments


Setelah disibukan dengan begadang bermalam-malam untuk mempersiapkan diri dalam Ujian Akhir Semester (UAS) , kali ini para mahasiswa belum bisa bersantai ria karena acara kampus kembali menyibibukkan mereka dengan beragam kegiatan dalam rengka menyambut liburan panjang.

Sore itu mahasiswa  berkumpul disebuah ruangan yang lumayan luas dapat menampung seluruh mahasiswa Mahad Aly An-Nuaimy, dalam rangka menghadiri pembukaan ‘Porseni’  Mahad Aly An-Nuaimy Jakarta. Acara tersebut merupakan acara rutin setiap tahun yang di adakan oleh BEM Mahad Aly An-Nuaimy. Selain mahasiswa acara tersebut dihadiri pulaoleh  para dosen mahad , pengurus mahad serta mudir Mahad Aly An-Nuaimy. Dengan letusan balon acara tersebut resmi dibuka oleh Mudir Mahad yaitu DR. Taufik Qulazar, MA.

Dalam sambutannya, mudir mahad memberikan sebuah nasehat kepada para mahasiswanya, bahwa seorang muslim atau bagi mahasiswa syariah harus memaknai Islam dengan syamil. Kemudian beliau mengutip sebuah perkataan Asy-Syahid Imam Hasan Al- Bana :
(الرياضة من صميم دعوتنا ولكن لسنا نادي رياضية السياسة من صميم دعوتنا ولكن لسنا حزبا سياسية)
Olahraga merupakan jantung dalam dakwah kami, tapi kami bukan klub olahraga. Politik merupakan jantung dalam dakwah kami tapi kami bukan partai politik.

Kemudian beliaupun memberikan sebuah pertanyaan kepada para mahasiswa, Ketika kita membicarakan masalah olahraga, apkah hal itu ada nashnya dalam al-Qur’an, begitu juga dengan seni apakah ada dalam al-Qur’an? Dengan tanpa lama-lama beliaupun memberikan rahasianya kepada mahasiswa, jika suatu urusan tersebut tidak tampak dalam nash, bukan berarti hal tersebut bukan bagian dari dakwah Islam, tepapi cukuplah dengan isyarat dari nash al-Qur’an bahawa semua itu penting dan diyariatkan didalamnya.

Jika kita mau lihat pentingnya permasalahan permasalah tersebut dalam dakwah, maka tidak mungkin seorang dai ia akan berdakwah dengan keadaan yang sakit. Oleh karena itulah bahwa seorang muslim harus sehat, harus kuat dengan wasilah olahraga, tanpa hal tersebut maka jalannya dakwah akan terhambat.

Ketika beliau menjelaskan tentang kegiatan tersebut, ini merupakan kegiatan yang didalamnya terdiri aspek tsaqofi (pengalaman). Tsaqofi sendiri didalamnya ada aspek faniah atau seni, kemudian riyadhiyah atau olahraga, dan aspek ilmu pengetahuan. Oleh karena itu kegiatan tersebut juga dinamai dengan” al-Usbu’ As-Tsaqofi”

Pada masalah bahasa beliau juga menekankan kepada mahasiswanya untuk mengamalkan bahasa Arab pada segala kondisi, baik ketika dalam proses belajar mengajar maupun ketika ketika diluar proses belajar-mengajar, bahkan beliu menekan dalam setiap kegiata Porseni tersebut, semuanya menggunakan bahasa arab, agar mahasiswa terbiasa dalam berbicara dan mempermudah pelajaran yang hampir semuanya menggunakan bahasa arab.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan tampilan group nasyid yang lumayan terkenal dilingkungan Kampus Mahad Aly An-Nuaimy yaitu group nasyid Nuvo yaitu Nuaimy Voice dengan membawakan lagu ABGnya Justice Voice.

Acara tersebut ditutup dengan doa Kifaratul Majelis dan ucapa Hamdalah. / surya


Foto Mudir Mahad Aly An-Nuaimy, DR. Taufik Qulazar,MA. sedang membuka Acara Porseni