Understanding Al Qur’an The Easy Way | Cara Mudah Memahami Al Qur'an ~ Prolog

Posted by Unknown on Selasa, April 12, 2016 with No comments
Ahad pagi saya diajak istri jalan-jalan ke Universitas Indonesia (UI) tepatnya ke Mesjid UI (Ukhuwah Islamiyah) kebetulan tempat tinggal saya tidak jauh dari universitas tersebut untuk mengikuti Kajian Ahad Pagi #KAP. Pagi itu, saya merasa acaranya sangat special karena materinya tentang bagaimana memahami Al Qur’an dengan cara yang mudah “Understand Al Qur’an The Easy Way”. Yang lebih istimewa lagi acara tersebut diisi oleh seorang founder dari www.understandquran.com yaitu Ustadz Dr. Abdulaziz Abdulraheem yang sangat berpengalaman dibidang ini.

Salahsatu materi yang menginspirasi saya untuk menyampaikan hal ini adalah seperti apa yang disampaikan Rasulullah SAW. Beberapa abad yang lalu, bahwa “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhari)

Sahabat Qur’an, ada sebuah kaidah dalam bahasa Arab “At thoriqoh ahamu min al MaadahAt thoriqoh (metode) itu lebih penting dari maadah (materi). Maksudnya sebuah materi bila tidak dipelajari dengan metode yang benar maka dia akan susah dicerna, maka dengan metode yang tepatlah materi sebuah pelajaran tersebut akan menjadi mudah. Ada orang yang tidak meyukai maadah tertentu karena tidak tahu cara mempelajarinya ataupun merasa kesusahan dalam mempelajarinya, hal ini sebenarnya lebih kepada metode yang kurang tepat dalam mempelajarinya. Tetapi akan berbeda jika telah mengetahui metode yang tepat maka dia akan menyukai maadah tersebut dan mencintainya. Itulah pentingnya sebuah metode dalam hal belajar.

Adapun metode dalam memahami Al Qur’an ala Ustadz DR. Abdulaziz Abdulraheem yaitu dengan memanfaatkan potensi tubuh yang Allah berikan kepada kita yaitu telinga, mata, otak, mulut, tangan, dan hati kita. Metode ini disebut dengan TPI (Total Physical Interaction). Adapun caranya adalah dengarkan, perhatikan, pikirkan, ucapkan, tunjukkan, dan cintailah...


Hal ini tentunya selaras dengan sebuah konsep belajar yang mengatakan bahwa, semakin banyak panca indra yang telibat dalam proses pembelajaran maka akan semakin baik hasilnya. Mudah-mudahan dengan metode ini, sahabat semuanya benar-benar dapat memahami Al Qur’an dengan mudah, mudah dan mudah... Semoga…!

Bersambung…